HEALTH TIPS

Tips Mengobati Gusi Bengkak

6 Jan 2017

Gusi merupakan bagian mulut yang sangat sensitif. Ini merupakan tempat dimana gigi tumbuh. Biasanya, sakit gigi diawali dengan gusi yang membengkak dan mengeluarkan darah. Bahkan selain sakit gigi, gusi bengkak juga bisa dikatakan seseorang akan mengalami penyakit yang lebih serius.

Image result for gusi

Keadaan ini pastinya akan menganggu aktifitas kamu sehari-hari. Untuk menyembuhkannya biasanya kamu harus pergi ke dokter, namun jika keadaan ini berlangsung terus menerus maka biaya yang dikeluarkan pun akan banyak. Untuk itu kamu dapat mencoba tips mengobati gusi bengkak secara alami. Berikut tips yang dapat kamu lakukan dirumah :

 

Minyak cengkeh dan lada hitam

Selain untuk menghangatkan tubuh, minyak cengkeh dipercaya dapat mengobati gusi bengkak sejak dulu kala. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara mengusapkan minyak cengkeh yang dicampur dengan lada hitam ke bagian yang terasa sakit. Kamu dapat melakukannya 2 kali sehari agar lebih efektif.

 

Kunyit serta gambir

Cara menggunakannya adalah siapkan 3 potong gambir yang dipotong kecil-kecil, kemudian siapkan air bersih, dan kunyit. Setelelah gambir dan kunyit dibersihkan kemudian rebus hingga mendidih dan hanya menyisakan air rebusan 1 gelas. Setelah disaring dan dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumbur. Lakukan 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

 

Kulit andong

kulit andong dapat mengobati gusi bengkak dengan cara membersihkan kulit andong dengan air bersih. Kemudian tumbuklah kulit andong tersebut dengan dicampur sedikit garam. Setelah cukup lembut, masukan ke bagian yang bengkak atau terasa sakit.

 

Air garam hangat

Sama halnya dengan minyak cengkeh, air garam hangat juga dapat mengobati berbagai permasalah pada gigi, seperti gusi bengkak dan sakit gigi. Caranya, campurkan satu sendok garam ke dalam air hangat hingga larut. Kemudian air tersebut kamu gunakan untuk berkumur-kumur.

 

Mengonsumsi buah dan makanan berserat

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah karena kekuarangan vitamin C dan seseorang jarang makan makanan yang berserat. Untuk mencegah hal tersebut, mulailah makan buah yang banyak mengandung vitamin seperti jeruk dan sayur-sayuran dalam menu makanan.

 

Modifikasi diet

Untuk menjaga agar gigi dan gusi tidak sakit mulailah hindari makanan yang menempel pada gusi yang menyebabkan plak misalnya roti. Pilihlah makanan yang berserat dan mengandung vitamin C tinggi. Perubahan diet seperti ini dapat membuat kondisi gusi lebih baik dan terhindar dari gusi bengkak.

 

Hidrogen peroksida atau baking soda

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida atau baking soda. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara mencampurkan air dengan baking soda kemudian berkumurlah dengan air tersebut. Baking soda dapat mengurangi rasa sakit pada gusi dan dapat mencegakh produksi dan penyebaran bakteri dalam mulut.

 

Nah itu beberapa tips mengobati gusi bengkak yang dapat kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat

 


Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.