HEALTH TIPS

Tips Mengatasi Suara Se\rak Tiba - tiba

1 Mar 2017

Kamu sering mengalami suara yang tiba tiba serak? Ini dia cara mengatasi suara serak yang harus diperhatikan. Mengapa ya suara bisa mengalami serak, apa sih penyebabnya? Jangan sepelekan suara tiba tiba serak.

Kelelahan dalam bersuara adalah suatu adaptasi negatif pencipta pita suara pada mereka yang selalu menggunakan suara dalam periode waktu tidak sebentar tanpa ada kelaian patogis di laring. Terjadinya kelelahan  bersuara  umumnya sering diikuti dengan perubahan pada kualitas  terhadap suara, rasa kurang nyaman ketika bersuara serta adanya keterbatasan dalam menggunakan suara. Karena, pada saat suara yang lelah biasanya akan terdengar kualitas suara yang serak ataupun parau. Yang menjadi pencetus utama mengenai kelelahan bersuara yaitu penggunaan suara yang over atau berlebihan, berbicara di lingkungan yang  ramai atau bising, serta faktor emosi atau stress.

Berbicara atau mengeluarkan suara yang keras bisa meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang jika berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan ketakutan pada pita suara tersebut.

Related image

Nah, berikut tips mengatasi suara serak secara tiba - tiba :

Sebaiknya kamu menghindari untuk berbicara terlalu keras dalam jangka waktu cukup lama. Jika berbicara pada ruangan yang besar ataupun diatara keramaian orang banyak sebaiknya kamu menggunakan alat bantu misalnya berupa mikrifon dan sebaiknya tidak atau hindari untuk berteriak.

Lakukan untuk menghidrasi pita suara dengan mencukupi kebutan cairan atau banyak minum hal ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi. Selain itu juga anda sebaiknya menjauhi konsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi atau bersoda.

Cobalah untuk melembabkan tenggorokan dengan cara menghirup udara yang hangat, berkumur dengan menggunakan air garam hangat, mengkonsumsi minuman pelega tenggorokan.

Sebaiknya kamu menghindari atau tidak mengkonsumsi jenis obat obatan yang mengandung dekongestan, hal ini di karenakan dapat mengakibatkan tenggorokan menjadi kering.

Selalu menjaga kebersihan mulut yaitu dengan menggosok gigi secara teratur, menyisir gigi dengan menggunakan benang gigi, bersihkan gigi dengan obat kumur. Langkah langkah tersebut, selain dapat mengurangi serak sekaligus mampu melepaskan bakteri pada mulut.

Itulah informasi mengenai jangan sepelekan suara tiba tiba serak. Semoga dapat bermanfaat ya

 


Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.