HEALTH TIPS

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Bayi

6 Jan 2017

Sama halnya orang dewasa, tidur juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi bayi. Selain dapat merangsang perkembangan otak, bayi yang sedang tidur juga dapat merangsang hormon pertumbuhan. Sehingga seorang bayi yang cukup tidur kelak ia dapat tumbuh menjadi seorang anak yang  cerdas. Tak hanya itu saja, hormon pertumbuhan juga berfungsi untuk mempengaruhi semua sel yang terdapat di dalam tubuh anak.

Banyak orang tua yang bingung dan bertanya bagaimana cara memberikan tidur yang berkualitas untuk si kecil. Dan ternyata bahwa setiap posisi tidur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Posisi tidur juga harus disesuaikan dengan usia anak tersebut.

Related image

Dan berikut adalah posisi tidur bayi yang baik dan benar :

 

Tidur telentang

Bagi ibu hamil, tidur telentang mungkin bukan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil terutama untuk hamil tua. Namun berbeda dengan bayi yang berusia 0 hingga 3 bulan. Seorang bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan pastinya belum bisa melakukan hal apapun. Oleh karena itu salah satu posisi untuk tidur yang baik adalah telentang. Meskipun baik, posisi tidur ini juga memiliki kelemahan yaitu bayi sangat mudah terbangun. Sedangkan kelebihannya adalah resiko kematian akibat SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) akan semakin berkurang.

 

Tidur dengan posisi tengkurap

Posisi tidur yang satu ini juga menjadi favorit bagi beberapa bayi khususnya pada bayi yang berusia lebih dari  3 bulan. Manfaat tidur tengkurap bagi bayi adalah bayi dapat tidur dengan waktu yang lebih lama serta bayi yang biasa tidur dengan posisi ini biasanya akan memiliki bentuk kepala yang lebih bagus. Sedangkan bahaya tidur tengkurap adalah bayi memiliki resiko besar terhadap SIDS. Hal ini dikarenakan jantungnya masih lemah, ditakutkan mereka akan menghirup kembali karbondioksida yang baru saja dihembuskan.

 

Tidur dengan posisi miring

Selain telentang dan tengkurap, tidur dengan posisi miring juga salah satu posisi favorit bagi para bayi. Manfaat dari tidur miring samping adalah berguna untuk mempermudah pengosongan lambung. seorang bayi prematur juga sangat dianjurkan untuk tidur dengan posisi ini karena tidur posisi miring samping membantu bayi untuk bernafas. Ketika bayi tidur menyamping, kamu juga harus memposisikan secara bergantian. Jangan hanya berorientasi pada sisi kanan ataupun kiri saja. Hal ini berguna untuk mencegah agar kepala bayi tetap proporsional.

 

Nah itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk bayi. Mengaplikasikan posisi tidur tengkurap bukan hanya saat bayi dalam posisi tidur, akan tetapi posisi tengkurap juga dapat diaplikasikan ketika kamu mengajaknya bermain. Pastikan permainan tersebut hanya beberapa menit dalam setiap harinya untuk menurunkan resiko SIDS.


Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.