HEALTH TIPS

Konsumsi Durian Berlebih Berbahaya Bagi Tubuh

8 Feb 2017

Kamu penggemar buah durian? Kamu sering menyantap durian? Mengkonsumsi buah durian yang disajikan dalam bentuk es buah tentu sudah terbayangkan kelezatannya bagi penikmat durian. Terlebih lagi, durian memiliki kandungan gizi yang sangat berlimpah. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan buah ini ternyata sangat berbahaya. Selain menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, masih banyak lagi bahaya yang mengintai ketika durian dikonsumsi secara berlebihan.

Related image

 

Berikut Akibat Konsumsi Durian Berlebihan :

 

1. Menyebabkan Kematian bagi Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi umumnya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. Durian memiliki kandungan alkohol yang mampu menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Naiknya tekanan darah ini akan memicu detak jantung lebih cepat dan terserang penyakit jantung secara mendadak. Seseorang yang memiliki tensi darah sering berada di atas tekanan 200 akan membuat dirinya rentan terkena penyakit jantung. Jika tekanan darah dan jantung menyerang secara bersamaan akan menyebabkan kematian. Oleh karena itu penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah durian berlebihan.

 

2. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Tentu kita telah mengetahui bahwa buah durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Seseorang yang memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan karena dapat memancing kadar kolesterol naik. Kadar kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi, termasuk asam urat tinggi. Gabungan kolesterol dan asam urat tinggi ini dapat memancing terjadinya komplikasi yang dapat menyebabkan kematian.

 

3. Menyebabkan Penyakit Jantung

Seseorang dengan riwayat penyakit jantung sangat dianjurkan tidak mengkonsumsi durian berlebihan. Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Kandungan alkohol dan kolesterol tinggi yang terdapat pada buah durian akan membuat degup jantung cenderung cepat.

 

4. Menyebabkan Kematian jika dicampur dengan Minuman Beralkohol

Kandungan alkohol yang ada di dalam durian akan menimbulkan kematian jika bertemu dengan alkohol dalam minuman keras. Alkohol yang bertemu dengan alkohol akan menghasilkan sulfur atau belerang. Sulfur yang masuk ke dalam tubuh seseorang akan menurunkan metabolisme dan sistem imun seseorang, bahkan jika jumlah sulfur yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak akan menyebabkan kematian. Sulfur merupakan salah satu zat yang tidak boleh sampai masuk ke dalam tubuh manusia karena dapat menyebabkan kematian.

 

5. Menyebabkan Diabetes

Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau kencing manis tidak boleh memakan buah durian berlebihan. Kandungan glukosa dalam durian yang tinggi bisa memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes semakin besar. Penderita diabetes tidak dianjurkan memakan durian lebih dari lima biji. Kandungan glukosa di dalam durian bisa menaikkan kadar gula darah penderita diabetes lebih cepat dibandingkan dengan glukosa di dalam gula pasir.

 

6. Menyebabkan Kematian Janin

Durian sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan. Janin yang ada di dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang tinggi. Jika wanita hamil memakan durian, efeknya di perut akan panas. Panas ini berasal dari kandungan alkohol yang tinggi pada durian yang memicu kematian janin. Selain durian, kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah nangka, buah nanas dan tape.

 

7. Menyebabkan Penyempitan Pembuluh Darah

Senyawa berupa alkohol dalam durian bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah yang menyempit membuat oksigen tidak dapat tersalurkan ke otak secara maksimal, hingga berakibat stroke. Penyempitan pembuluh darah ini bukan hanya akibat efek samping buah durian yang dikonsumsi berlebihan, namun juga bahaya formalin dan bahaya boraks.

 

8. Masalah Pencernaan Hingga Kematian

Konsumsi durian tidak boleh dibarengi dengan minuman seperti kopi dan alkohol. Kopi merupakan minuman pemicu tekanan darah tinggi. Terlalu sering mencampur durian dan kopi akan membuat seseorang terkena penyakit komplikasi. Durian juga tidak boleh dicampurkan dengan soda karena akan membuat seseorang terkena gangguan pencernaan. Masalah pencernaan dalam jangka panjang akan membuat usus dan lambung terluka bahkan berlubang hingga berakibat kematian.

 

9. Menyebabkan Penyakit Ginjal Hingga Kematian

Di dalam durian terdapat zat ethanol, methanol dan juga ethyl metacrylate serta senyawa berupa sulfur atau belerang yang berbahaya bagi penderita ginjal. Hal ini dikarenakan penderita ginjal tidak dapat menguraikan zat tersebut sehingga kinerja ginjal terbebani dan kinerja ginjal menurun dari 40% menjadi 35%.

 

 

Tips Mengkonsumsi Durian yang Baik

Mengingat resiko yang ditimbulkan dari mengkonsumsi buah durian sangatlah besar, hendaknya kamu yang memiliki keluhan penyakit seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, ginjal, kencing manis, radang usus, asam urat, kolesterol tinggi, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah durian. Bagi kamu yang tidak mengalami keluhan tersebut dan sehat, jangan takut untuk mengkonsumsinya. Kamu tetap dapat mengkonsumsi buah durian dengan cara berikut:


- Minumlah air putih sebanyak-banyaknya setelah mengkonsumsi durian, jangan meminum air yang berwarna.
- Beberapa orang mengeluh pusing setelah makan buah durian meskipun hanya sedikit. Untuk itu, manfaatkan rongga pada kulit durian yang terkelupas. Isilah rongga tersebut menggunakan air. Diamkan beberapa saat, lalu minum airnya. Tips ini bermanfaat untuk menghilangkan bau durian pada mulut dan juga bisa mengontrol tekanan darah seseorang.
- Konsumsi manggis setelah mengkonsumsi durian. Kandungan vitamin pada manggis dapat menetralisir efek dari durian.
- Netralisir dengan menggunakan sayuran setelah mengkonsumsi durian.
- Jangan mengkonsumsi daging berlemak tinggi setelah menikmati durian.

Hal penting dalam pengkonsumsian durian adalah tidak berlebihan ketika mengkonsumsinya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, bukan?. Semoga Bermanfaat :)

 


Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.