HEALTH TIPS

Jangan Takut Lelah! Ternyata banyak Manfaat Jalan Kaki

8 Dec 2017

Jalan kaki tidak hanya merupakan olahraga yang murah dan ringan, tapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berjalan kaki kamu bisa mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Jangan malas atau takut lelah untuk melakukan olahraga jalan kaki. Jika kamu mengalami masalah dengan lutut atau kaki kamu, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak melakukan olahraga, karena kamu bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan hingga cepat.

Related image

 

Manfaat Jalan Kaki

 

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Namun, agar tubuh kamu tidak kaget, sebaiknya berjalan kaki dilakukan selama 10 hingga 15 menit dalam sehari sebagai awalan, baru setelah itu secara perlahan kamu tingkatkan durasinya. Jika kamu berjalan kaki secara rutin dan tentunya dengan menjalani gaya hidup sehat, maka kamu memiliki kemungkinan untuk mendapatkan beberapa manfaat seperti di bawah ini:

 

1. Baik untuk kesehatan jantung & menurunkan kolesterol


Jalan kaki memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan jantung serta mengatur tingkat kolesterol. Menurut sebuah studi, jalan kaki selama 30 menit diduga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40 persen. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung.
Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Namun, jika kamu memiliki masalah dengan jantung, cobalah untuk mengonsultasikan kepada dokter. Hal ini dimaksudkan agar kamu mengetahui seberapa lama dan berat bisa melakukan olahraga jalan kaki. Karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung.

 

2. Mencegah diabetes tipe 2


Selain penyakit jantung, diabetes tipe 2 juga bisa dicegah dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Dengan melakukan jalan kaki, kamu telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat. Dengan berjalan kaki selama 30 menit, kamu bisa mengurangi kemungkinan terkena diabetes tipe 2 setidaknya hingga 30 persen.

 

3. Menurunkan berat badan
Dengan berjalan cepat selama 30 menit dalam sehari kamu bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki kamu, semakin banyak kalori yang dibakar. Namun tentu tidak cukup hanya dengan berjalan kaki, kamu juga perlu menunjangnya dengan pola makan sehat.

 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kurang olahraga bisa membuat tubuh Anda mudah terkena penyakit. Cobalah untuk sempatkan diri melakukan jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan melawan infeksi. Berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat tidur lebih nyenyak dan tubuh secara otomatis akan melepaskan zat kimia yang membuatmu merasa lebih baik.

 

5. Mengurangi stres
Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya bahwa ternyata berjalan kaki bisa membantu dalam mengurangi atau mencegah stres. Ya, menyempatkan berjalan kaki dalam sehari bisa mengurangi stres atau mencegahnya. Berjalan kaki dan aktifitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood merasa lebih baik dan mengurangi rasa cemas serta depresi.

 

6. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, dan rentan patah karena rapuh. Dengan melakukan olahraga berjalan kaki, dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

 

Selain enam manfaat di atas, manfaat jalan kaki lainnya adalah dapat mengurangi risiko kemungkinan terkena asma, stroke, radang sendi serta beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya olahraga yang murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktumu dalam sehari untuk berjalan kaki. Kamu bisa menyiasatinya dengan memarkir kendaraan lebih jauh dari kantor atau berjalan kaki selama 15-30 menit saat bepergian.


Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.