BEAUTY

5 Cara Mencegah Penuaan Dini

1 Jun 2016
Kerutan di wajah serta munculnya uban di rambut sering menjadi momok bagi hampir setiap orang, khususnya wanita. Para wanita bahkan rela menghabiskan materi yang cukup besar untuk menghilangkan keriput yang sudah menjadi fenomena alami ketika mulai menginjak usia dewasa. Tetapi, ada beberapa yang justru menerima perubahan alamiah pada kulitnya seiring memasuki masa usia senja. 
 
Penuaan dini timbul karena berbagai faktor. Beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan dini adalah kesehatan mental dan jiwa. Kesehatan mental tersebut dipengaruhi oleh otak manusia. Otak yang kerap berpikir keras akan menimbulkan tekanan pada mental dan jiwa. Kinerja otak menjadi semakin menurun. Akibatnya, timbul masalah-masalah pada kejiwaan yang berdampak pada penuaan dini. Untuk menghindari terjadinya penuaan dini, berikut saran yang dapat dianjurkan.

 
1. Memainkan permainan yang mengasah otak
 
Beberapa permainan yang dapat mengasah otak contohnya adalah catur, teka-teki, scrabble, dan permainan online yang sudah banyak tersedia untuk diunduh. Permainan tersebut bertujuan untuk melatih neuron otak dan menjaga ketajaman otak.
 
2. Berpetualang
 
Berpetualang ke tempat yang asing atau lingkungan yang baru akan memberikan manfaat pada otak. Berpetualang dapat menstimulasi otak menjadi lebih segar sehingga kinerja otak pun meningkat. Kondisi otak yang baik dapat mencegah stress sehingga penuaan dini dapat dihindari.
 
3. Penuh nutrisi yang dibutuhkan otak
 
Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap otak. Agar otak dapat bekerja dengan baik, kita perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik. Nutrisi yang baik dalam makanan dipercaya dapat memperbaiki sel-sel otak dan mencegah terjadinya peradangan otak yang menimbulkan penyakit Alzheimer.
 
4. Melakukan hal-hal yang menantang
 
Melakukan hal-hal yang menantang seperti olahraga ekstrim menimbulkan efek yang sama dengan berpetualang. Tantangan akan memacu adrenalin kita yang juga berpengaruh pada otak. Otak akan memicu hormon-hormon dalam tubuh untuk membakar energi dalam tubuh menjadi semangat yang positif. Dampaknya, jiwa menjadi selalu merasa muda sehingga mempengaruhi tubuh terhindar dari penuaan dini. 
 
5. Tidak menyerah dengan usia
 
Terkadang usia bukan penentu dari perubahan fisik maupun mental seseorang. Banyak orang dengan usia yang matang masih terlihat bugar, misalnya seseorang dengan usia 50 tahun terlihat seperti 30 tahun. Mereka dapat melakukan aktivitas berat yang tidak biasa dilakukan orang-orang pada usia mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka menerapkan pola hidup yang sehat serta pikiran positif dalam keseharian mereka. Oleh karena itu, kita tidak perlu terlalu khawatir dengan pertambahan usia kita. Karena di dalam jiwa yang sehat akan mempengaruhi fisik yang sehat pula.

Pada dasarnya, penuaan dini merupakan cerminan dari jiwa kita. Jika kita berjiwa muda dan memandang semua hal dengan positif, maka tubuh kita secara fisik akan mengikuti apa yang kita pikir dan rasakan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan dari dalam diri kita, yang kemudian akan terpancar ke tubuh luar kita.

Share


RECOMMENDED FOR YOU


MENU
NEWS
MEDIA
ABOUT US
CONTACT US
YOUR INBOX DESERVES BETTER

SIGN UP
Free Health Expert Tips

Get the best tips for healthy living right to your inbox.